Kunci Menyelesaikan Persoalan Bangsa Adalah Pendidikan

0
123

ppmk.or.id- Pendidikan menjadi kunci untuk menyelesaikan persoalan bangsa yang sedemikian kompleks, sedangkan pendidikan itu sendiri tidak akan bisa lepas dari peran seorang guru. Bagaimana situasi dan kondisi pendidikan dimasa mendatang, tergantung baiamana guru melaksanakan fungsi mendidik dan mengajarnya. Banyak hal yang menaruh harapan besar pada pendidikan. Itu sebabnya pendidikan harus digarap serius oleh pemerintah.

Pendidikan di Indonesia adalah salah satu persoalan besar, namun sampai saat ini pemerintah belum pernah memiliki platform pembangunan kualitas manusia Indonesia melalui pendidikan dengan jelas. Pemerintah Kurang begitu serius dalam memajukan karsa bangsa yang memiliki daya saing tinggi.

Masih rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia, akan melemahkan daya saing Indonesia dalam menghadapi persaingan ekonomi global. Salah satu kunci untuk meningkatkan daya saing Indonesia dan keluar dari persoalan bangsa adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikan dengan melakukan terobosan terbaru dalam sektor pendidikan.

Jika kita lihat kualitas SDM di Indonesia sudah cukup baik, tinggal bagaimana cara pemerintah dan institusi pendidikan menjadikan SDM tersebut menjadi SDM yang hebat. Seandainya pemerintahan kedepan bersama-sama institusi pendidikan menyatukan visi misi, maka Indonesia akan menjadi Negara yang terus berkembang dengan pesat dan mencetak SDM terbaik setiap tahunnya.

Untuk itu, Pemerintah kedepan harus benar-benar serius dalam meningkatkan kualitas pembangunan manusia melalui pendidikan. Akan lebih baik bila pemerintah lebih fokus pada pengembangan sekolah-sekolah kejuruan pertanian, peternakan, maritim dan Industri. Tidak lupa pula bahwa sekolah-sekolah agama yang berbasis pesantren mulai dari Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah seringkali muncul SDM terbaik. Membuat program beasiswa bagi siswa/mahasiswa yang berprestasi untuk terus melanjutkan pendidikan.

Pemerintah kedepan juga sebaiknya terus meningkatkan martabat dan kesejahteraan guru dan dosen, karena hal tersebut terkait dengan kualitas pendidikan. Tak hanya itu, pemerintah juga harus meningkatkan kualitas kurikulum pendidikan, baik itu di sekolah maupun perguruan tinggi dengan kurikulum yang digunakan haruslah world update dimana kurikulum tersebut terus mengikuti perkembangan dunia.

Meningkatkan kualitas SDM dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan adalah solusi tepat yang harus dilakukan pemerintah kedepan untuk menyelasaikan persoalan bangsa dan meningkatkan kualitas pembangunan manusia Indonesia. Dengan begitu maka Indonesia akan menjadi bangsa yang berpengetahuan luas dalam segala lini dan disegani oleh banyak bangsa lain tentunya.

M.Aminullah RZ.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY