Profil PPMK

Tentang Kami

Pusat Pengembangan Murid Kreatif (PPMK) adalah lembaga yang fokus  pada pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama pelajar tingkat dasar, menengah, dan atas serta anak kreatif kurang beruntung melalui berbagai program dan aktifitas sosial.

Sejarah

28 Oktober 2015. Berawal dari keprihatinan terhadap kondisi masih banyaknya masyarakat Indonesia terutama kalangan pelajar atau siswa wajib belajar 9 tahun dan tingkat lanjut yang belum terberdayakan secara menyeluruh di Indonesia dalam hal pengembangan kreatifias anak serta kepedulian beberapa elemen masyarakat yang terdiri dari kalangan mahasiswa, komunitas, pemuda dan relawan, terbentuklah Pusat Pengembangan Murid Kreatif  (PPMK) yang concern terhadap pemberdayaan pelajar dan anak kreatif kurang beruntung. Awalnya, PPMK berfokus pada program pengembangan dan pemberdayaan pelajar beserta anak kreatif kurang beruntung. Seiring berjalannya waktu dan dengan semakin besarnya antusiasme serta kepercayaan beberapa elemen masyarakat, PPMK terus membenahi diri dan selalu berinovasi dalam pengembangan berbagai program pemberdayaannya.

 

Visi

Menjadi Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia yang kreatif, profesional dan berintegritas dalam kesetaraan sosial.

Misi

(1) Fasilitator bagi pelajar dan anak kreatif kurang beruntung dalam proses pengembangan disiplin ilmu kreatif yang mutakhir.

(2) Mitra utama sekolah serta masyarakat sebagai agen perubahan dalam memfasilitasi kreatifitas pelajar dan anak kurang beruntung.

(3) Menjadi lembaga terdepan dalam pengembangan dan pemberdayaan,

(4) Menjadi lembaga yang transparan dan profesional.

 

Komitmen

Sejak didirikannya pada tahun 2015 PPMK sebagai lembaga yang fokus  pada pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama pelajar tingkat dasar, menengah, dan atas serta anak kreatif kurang beruntung melalui berbagai program dan aktifitas sosial berikhtiar menetapkan langkah. Tidak hanya konsen terhadap pelajar dan anak kreatif kurang beruntug saja, melainkan juga pada program pemberdayaan elemen masyarakat lainnya. Guna memperluas nilai manfaat, PPMK juga terus mengembangkan diri dan memperluas jaringan ke seluruh wilayah Indonesia.

 

Bidang Pergerakan

Pergerakan PPMK berfokus pada Pemberdayaan di bidang Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Kebudayaan dan Sosial Kemanusiaan, dengan implementasi program sebagai berikut:

  1. Pendidikan:
  • Bimbel Otak Kanan

Bimbingan belajar yang mengedepankan otak kanan sebagai metode pembelajaran yang efektif, diperuntukkan kepada anak-anak putus sekolah.

  • Pembangunan Karakter Untuk Anak

Pembentukan karakter anak anak sebagai generasi penerus, agar mereka memiliki kepribadian dan karakter yang baik sejak dini, bentuk program ini berupa sekolah alam.

  • Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA)

Program Pembuatan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di 100 Masjid di Jabodetabek.

  • Perpustakaan Umum dan Taman Baca Kreatif

Guna memberikan pencerahan dan membangun paradigma berpikir pelajar, maka PPMK akan menggulirkan Program ‘G-100 Pengadaan Perpustakaan dan Taman Baca Kreatif dengan membuat Perpustakaan Umum dan taman baca di beberapa daerah tertinggal.

  • Parenting

Program ini berbentuk seminar dan Focus Group Discussion (FGD), yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar menjadi orang tua sekaligus pendidik yang baik.

  • Beasiswa Pendidikan

Beasiswa yang diperuntukkan kepada anak kreatif berprestasi untuk kalangan tidak mampu dari tingkat dasar, menengah dan atas.

  • Pemberdayaan Kepribadian dan Keterampilan

Program pemberdayaan ini bertujuan bukan hanya untuk menciptakan masyarakat yang berdaya saing, namun juga menciptakan entrepreneur yang mempunyai spiritualitas ytang baik dan berjiwa sosial tinggi.

  • Pusat Pemberdayaan

Pusat pelatihan keterampilan yang fokus dalam bidang: informasi dan teknologi, otomotif, peternakan dan industri kreatif yang diperuntukkan kepada anak berkebutuhan khusus dan anak kreatif kurang beruntung.

  1. Kesehatan:
  • Pengobatan Gratis

Memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat duafa, agar mendapatkan kesehatan yang layak.

  • Persalinan Gratis

Bertujuan untuk memberikan pelayanan bersalin gratis kepada keluarga yang tidak mampu.

  • Sunatan Massal

Aksi sosial yang dilakukan secara rutin sebagai bentuk kepedulian PPMK kepada masyarakat (anak-anak yatim dan dhuafa).

  1. Ekonomi
  • Badan Usaha Milik Lembaga (BUML)

Badan usaha yang dikelola secara profesional sebagai wujud kemandirian lembaga dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat dengan menggulirkan program “Koperasi Kreatif untuk Anak Bangsa”

  • Wakaf Pemberdayaan

Program ini bertujuan untuk mengelola dana serta aset muwakif secara profesional untuk memberdayakan masyarakat, dan membangun infrastruktur sarana serta prasarana untuk masyarakat luas.

  1. Kebudayaan
  • Eksplor Kebudayaan Indonesia

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya akan warisan budaya. Sebagai bangsa Indonesia kita harus mempertahankan budaya warisan leluhur bangsa ini. Maka PPMK pun turut aktif mempertahankan warisan budaya Indonesia dan mengedukasi masyarakat untuk menumbuhkan kepedulian dan kecintaan terhadap budaya bangsanya.

 

  1. Sosial Kemanusiaan
  • I LIKE Kurban

Program kurban ini dibuat untuk  memfasilitasi masyarakat yang ingin berkurban dan mendistribusikannya ke daerah-daerah yang membutuhkan.

  • Santunan All in One

Santunan yang diberikan secara berkala, berupa bantuan uang, sembako, pakaian layak pakai.

  • Kotak Pemberdayaan Anak Kreatif Kurang Beruntung (AKKB)

Program penghimpunan dana berupa penempatan kotak amal pada tempat-tempat strategis dan mitra-mitra PPMK. Dana yang terkumpul akan dipergunakan untuk pembiayaan progran-program pemberdayaan untuk anak-anak kreatif yang kurang beruntung.